Tjufoo resmi hadir di Indonesia dan siap mendukung UMKM untuk berbenah

  • Whatsapp

Resmi hadir di Indonesia, startup Tjufoo memberikan dukungan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Perusahaan startup brand aggregator ini resmi berdiri pada Kamis, 27 Januari 2022 di Jakarta, Indonesia.

Meskipun memiliki skala ekonomi yang tidak sebanding dengan perusahaan multinasional, UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian nasional. UMKM memberikan kontribusi terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

Tjufoo resmi hadir di Indonesia dan siap mendukung UMKM untuk berbenah

Baca juga:
– Strategi peningkatan penjualan melalui media sosial bagi UMKM
– Bagaimana program PEN membantu UMKM memaksimalkan potensi pasar digital
– Strategi Pemasaran Digital Niagahoster 2022 untuk Korporasi dan UMKM
– Kolaborasi Oppo dan UMKM, Ini Rekomendasi Hadiah Natal dan Tahun Baru 2021

Tahun lalu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) menemukan jumlah UMKM mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,07 persen atau Rp 8.573,89 triliun.

Selain itu, UMKM mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja

yang tersedia dan mengumpulkan hingga 60,42 persen dari total investasi nasional.

Untuk mendongkrak daya saing UMKM yang terus tumbuh, pemerintah mencanangkan program digitalisasi dengan target 30 juta UMKM memasuki ekosistem digital pada tahun 2024.

Meski bukan tugas yang mudah, program ini harus dilaksanakan untuk memperbaiki struktur ekonomi yang didominasi oleh bisnis.

“Saat ini tingkat kewirausahaan Indonesia sudah mencapai 3,5%, target pemerintah untuk tingkat kewirausahaan pada tahun 2024 bisa naik menjadi 3,95%. Hal ini diharapkan menjadi terobosan dalam percepatan tingkat kewirausahaan,” kata Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. , meluncurkan Tjufoo.
Didukung oleh GliaStudio
Peluncuran Tjufoo di Jakarta, Kamis 27 Januari 2022. (Tjufoo)
Peluncuran Tjufoo di Jakarta, Kamis 27 Januari 2022. (Tjufoo)

Kerja sama antara pemerintah dan swasta sangat penting untuk dapat mengakselerasi kebangkitan UMKM

dan laju usaha di Indonesia, sehingga Tjufoo diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para pelaku ekonomi untuk meningkatkan skala usahanya, kata Menteri Teten. seperti memanfaatkan dana investasi, pendampingan berkelanjutan, dan ekosistem digital.

“Saya mengapresiasi komitmen Tjufoo untuk mengakselerasi kemajuan pelaku ekonomi lokal dalam ekosistem digital yang telah dibangun untuk menciptakan semakin banyak UMKM berkemampuan digital di tahun 2024.” tambah Teten Masduki.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Staf Presiden RI Moeldoko menegaskan kebutuhan masyarakat akan produk dan layanan online akan tetap atau meningkat bahkan setelah pandemi berakhir.

“Hal ini harus kita perhatikan, jika UMKM ingin bertahan maka harus menggunakan teknologi digital. Dan itu tidak bisa dihindari. Dan itu membutuhkan dukungan semua pihak. Tjufoo akan memberikan solusi komprehensif secara luas dengan saluran digital dan offline. Dana investasi pengembangan usaha, pendampingan dan dukungan scaling pengembangan usaha,” ujarnya.

Untuk menjawab tantangan ini, Tjufoo hadir di Indonesia. TJ Tham, Co-Founder dan Chief Executive Officer Tjufoo menyatakan berkomitmen penuh untuk meningkatkan standar UMKM Indonesia.

“Sebagai pegiat ekosistem digital, kami mengapresiasi upaya pemerintah dalam mendigitalkan UMKM. Namun, situasi pandemi yang melanda UMKM belum membuat mereka bisa bertahan, meski perlahan didigitalkan. Kami hadir untuk memperkuat fondasi bisnis UMKM di Indonesia melalui ekosistem digital yang kami bangun. kata TJ Tham.

Di penghujung tahun 2021, Tjufoo telah meningkatkan performa brand-brand yang tergabung dalam ekosistem digitalnya. Dengan dukungan tim yang berpengalaman dan semua teknologi yang dibutuhkan UMKM, Tjufoo membantu brand memperkuat elemen kunci dalam bisnis, yaitu pemasaran dan operasional.

Dari sisi pemasaran, Tjufoo mendukung UMKM dalam membangun infrastruktur untuk memperkuat branding dan mengintensifkan optimalisasi digitalnya. Dengan cara ini, merek bertujuan untuk lebih dekat dengan konsumen guna mencapai tujuan bisnis yang lebih besar.

Dari perspektif operasional, Tjufoo memberikan dukungan untuk kebutuhan bisnis internal dalam mengotomatisasi pengelolaan tenaga kerja, inventaris, konsumen, merchandising, dan layanan pengadaan untuk menyelaraskan semua proses operasional menjadi efektif dan efisien.

Sebagai agregat merek startup

Baca Juga :

https://relawanfilantropi.id
https://polres-gowa.id
https://ipcportequipment.co.id
https://dprdkabprobolinggo.id

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments