Trik Pemasaran Yang Bikin Produk Kamu Laris Di Pasaran

  • Whatsapp
Trik Pemasaran Yang Bikin Produk Kamu Laris Di Pasaran

Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat? Bagaimana sebenarnya teknik cara memasarkan produk dan contoh strategi pemasaran produk yang baik dan benar? Bagaimana contoh strategi pemasaran yang baik? Beberapa cara yang akan diulas disini. Lalu tentu saja strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa strategi ini juga.

Mengetahui dengan tepat cara pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang ikut menentukan performa perusahaan. Strategi pemasaran produk adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat.

Sebaik apapun kualitas suatu produk, jika tidak dipasarkan dengan baik, produk tersebut tidak akan dilirik oleh masyarakat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa cara pemasasan produk agar laku keras di pasaran.

Strategi Pemasaran Produk Efektif yang Bisa Anda Coba

1. Kenali Pelanggan dengan Baik

Strategi pemasaran produk yang pertama adalah kenali pelanggan dengan detail. Karena dialah yang menjadi target atau sasaran penjualan produk Anda. jika tidak mengenalinya, bisa jadi produk yang ditawarkan tidak akan disukai.

Nah, untuk mengenali pelanggan agar lebih mudah, silakan lakukan survey terhadapnya. Termasuk survey terkait dengan produk apa yang dibutuhkan, bagaimana sistem pembayaran yang disukai, distribusi produk seperti apa yang diinginkan dan sebagainya.

Nah, jika hasil survey sudah didapatkan, tentu pemasaran produk menjadi lebih efektif dan mudah. Karena Anda tinggal mencocokkan saja dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.

Karena alasan inilah maka survey untuk mengenali pelanggan perlu dilakukan. Bahkan sebelum produk akan dipasarkan atau didistribusikan kepadanya. Jadi silakan lakukan survey lebih efektif .

2. Menawarkan Produk Secara Gratis

Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan sangat sulit dilewatkan begitu saja. Alasan lain kenapa strategi ini dianggap perlu juga, seringkali seorang costumer belum membeli sebuah produk karena mereka belum pernah mencoba tentang produk tersebut.

Sebuah perusahaan bisa saja memilih event atau langsung menawarakan sample dan contoh gratis secara door to door kepada calon konsumennya. Jika produk tersebut berupa jasa ataupun media digital maka perusahaan dapat menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon konsumen mengetahui sebuah produk.

3. Bangun Tempat Usaha yang Strategis

Strategi promosi yang berikutnya adalah silakan pilih tempat menjalankan usaha yang strategis. Minimal area yang ramai atau di ruang yang mudah diakses publik. Tempat semacam ini berpotensi memberikan keuntungan dibandingkan di tempat yang sepi.

Untuk menemukan lokasi usaha yang strategis tentunya membutuhkan survey terlebih dahulu. Jangan langsung asal membeli tanah hanya karena harganya murah. Tetapi pastikan terlebih dahulu, apa tempat tersebut layak menjadi tempat usaha atau tidak.

Lokasi yang nyaman dan potensional untuk berbisnis adalah di pinggir jalan protokol. Selain itu, Anda juga bisa memilih area perkantoran atau daerah pusat administratif kota. Karena di sanalah puncak keramaian.

Memang harga tempat usaha di lokasi semacam itu sangat mahal. Tetapi itu sebanding dengan laba usaha yang didapatkan. Maka dari itu, silakan persiapkan modal untuk membangun usaha di tempat yang strategis.

4. Memberi Insentif untuk Rekomendasi

Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya bila ada yang merekomendasikannya. Untuk mendapat sebuah rekomendasi atau testimoni dari konsumen yang telah memakai produk tersebut, Anda harus memberi penghargaan berupa insentif yang menarik.

Insentif sebuah testimoni tidak harus selalu berupa uang, namun dapat berupa hadiah produk atau potongan harga. Ini adalah salah satu contoh cara juga strategi pemasaran produk yang bisa dicoba.

Dengan adanya insentif ini secara tidak langsung perusahaan memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing, yaitu konsumen yang loyal dan calon konsumen. Rekomendasi produk kini menjadi strategi pasar yang digunakan hampir semua produk.

5. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Strategi pemasaran yang selanjutnya adalah menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Ini harus dilakukan, jika ingin produknya dibeli dan pemasaran berhasil. Namun, jika kepada konsumen tidak menunjukkan pelayanan terbaik, tentu mereka juga malas untuk bertransaksi.

Salah satu bentuk pelayanan yang baik adalah mengakomodasi semua saran dan kritik dari konsumen. Yakinlah diri kalau produk yang dibuat tidak sempurna. Sehingga kritik dan saran dari pelanggan adalah nutrisi untuk menutupi ketidaksempurnaan itu.

Pelayanan terbaik yang dimaksud juga dalam bentuk pemberian hadiah atau reward untuk pelanggan. Bentuknya sesuai keinginan perusahaan. Apakah dengan memberikan hadiah berupa produk, voucher gratis, cash back atau dengan memberikan potongan harga atau diskon tertentu.

Jika ini dilakukan, biasanya pelanggan senang karena mereka merasa dihormati dan dilayani dengan baik. Jadi jangan heran kalau pelanggan semacam ini akan mengajak orang lain untuk ikut membeli produk di perusahaan.

6. Manfaatkan Teknik Pemasaran Mulut ke Mulut

Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan teknik pemasaran mulut ke mulut ini. Dengan cara ini tim pemasaran Anda berkomunikasi secara langsung dengan konsumen.

Setelah konsumen membeli produk dan merasa puas dengan produk tersebut, konsumen akan memberitahu konsumen lainnya yang berpotensi untuk membeli produk tersebut.

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan agar produk yang Anda jual dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat dan tentu saja mendapatkan banyak konsumen. Jika Anda tetap fokus pada hal yang satu ini, tentu saja penjualan Anda akan semakin meningkat.

Jadinya, agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat maka produsen perlu memperhatikan hal berikut yaitu beberapa hal yang telah disebutkan diatas. Karena strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa hal yang sudah disebutkan seperti lewat media sosial, pemilihan tempat usaha yang strategis hingga menggunakan teknik pemasaran dari mulut ke mulut.

7. Meminta Bantuan Jasa Influencer

Strategi pemasaran produk agar efektif yang terakhir adalah meminta bantuan jasa influencer. Silakan dipilih mau influencer dari kalangan ahli, artis atau orang yang memiliki viewer jutaan. Siapapun yang dipilih berpotensi untuk mengajak orang lain membeli produk. Apalagi jika yang digunakan adalah artis. Tentu fans-nya akan ikut membeli produk yang ia tawarkan.

Memang strategi pemasaran produk ini membutuhkan biaya mahal. Tetapi jika anggarannya tepat dan ada modalnya, tidak masalah. Karena keuntungannya masih lebih besar dibandingkan modal promosi yang dikeluarkan.

8. Memiliki Media Sosial Perusahaan

Strategi pemasaran produk yang efektif yang selanjutnya adalah Anda harus memiliki akun di media sosial. Misal akun di FB, Twitter, WA, Instagram dan lain sebagainya. Nah, di dalam akun-akun itu, Anda bisa memasukkan produk-produk yang akan ditawarkan kepada pembeli. Jangan lupa untuk menyertakan review atau artikel terkait produk di dalamnya.

Jika produk sudah ada di dalam akun, maka tinggal share saja ke akun yang lain atau menampilkannya di beranda. Nantinya akan banyak orang yang melihat postingan itu. Jika tertarik untuk membeli, mereka akan menghubungi Anda melalui kolom komentar atau mengunjungi situs online yang Anda miliki

Ini langkah yang bagus dan termasuk strategi pemasaran produk yang paling murah dan cepat. Maka dari itu, perusahaan harus membuka akun media sosial sekarang juga.

Merancang strategi pemasaran yang efektif pada produk yang kita buat adalah hal utama yang harus Anda perhatikan jika bisnis Anda ingin tetap menguntungkan dan bertahan. Terlebih di zaman yang semua serba cepat dan sebaran informasi bisa Anda dapatkan kapanpun Anda mau.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments