Usaha Bidang Pertanian Paling Menjanjikan Saat Ini

  • Whatsapp
Usaha Bidang Pertanian Paling Menjanjikan Saat Ini

Indonesia sebagai negeri agraris memiliki banyak kekayaan alam. Salah satunya kekayaan alam dalam bentuk produk pertanian. Oleh karena itu, sektor pertanian Indonesia terus menjadi sektor yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Meskipun demikian, masih jarang orang yang mau memanfaatkannya sebagai peluang bisnis. Bagi Anda yang ingin berkecimpung ke dalam bisnis di sektor pertanian secara profesional, maka Anda dapat memanfaatkan peluang usaha yang menjanjikan berikut.

1. Rempah-rempah

Rempah-rempah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang demi menciptakan kuliner yang lezat dan mantap. Bermacam macam rempah bisa Anda budidayakan sebagai ide bisnis yang cukup brilian.

Pasalnya, banyak permintaan ekspor dari negara negara tetangga terhadap beberapa jenis rempah tanah air. Selain menjualnya di dalam negeri, Anda bisa memasarkan produk rempah-rempah Anda ke luar negeri. Terpenting bagi Anda adalah menjaga kualitas dari tanaman rempah yang dibudidayakan.

2. Tanaman Hias

Tidak hanya tentang pemenuhan kebutuhan pokok, usaha di bidang pertanian juga berhubungan dengan tanaman hias yang kerap digunakan untuk dekorasi rumah. Koleksi tanaman hias banyak dilakukan oleh kaum perempuan dalam rangka menciptakan lingkungan rumah yang sejuk, asri, dan indah dipandang.

Peluang untuk menjual tanaman hias yang bisa tumbuh di dalam rumah juga meningkat pesat karena keberadaan tanaman ini terbukti mampu menurunkan tingkat stress. Beberapa jenis tanaman yang cukup banyak dicari adalah gelomban cinta, monstera, kaktus, dan succulent.

Untuk menjalankan usaha ini memang Anda dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan pasar. Untuk mendapatkan konsumen lebih cepat pada saat pertama kali menjalankan usaha jualan tanaman hias, Anda disarankan agar memilih jenis tanaman yang banyak diminati masyarakat.

3. Menjual Bibit Tanaman

Bisnis jual beli bibit tanaman dinilai sangat menguntungkan mengingat pangsa pasarnya cukup luas. Jika Anda seorang pemula yang belum berpengalaman, cobalah untuk menimba ilmu tentang budidaya bibit tanaman kepada rekan yang sudah ulung.

Banyak jenis bibit yang bisa dibudidayakan mulai dari sayuran, tanaman buah, hingga bibit tanaman yang dimanfaatkan kayunya. Harga jualnya memang tidak terlalu mahal, namun Anda bisa membudidayakan dalam jumlah besar. Keuntungan akan semakin melimpah jika tekun dan telaten dalam menjalani bisnis ini.

4. Usaha Tanaman Hidroponik

Pencarian lahan tanam yang cukup sulit, menjadikan sistem hidroponik sebagai solusi bercocok tanam dengan lahan terbatas. Terutama di kota besar yang kesulitan menemukan media tanam berupa tanah, hidroponik mengusung konsep bercocok tanam menggunakan media air.

Tidak semua orang bisa bercocok tanam dengan dengan metode hidroponik. Namun, pada dasarnya usaha ini dapat dilakukan dengan cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan botol bekas, gelas, atau toples plastik sebagai media tanamnya. Saat ini juga sudah ada yang menjual paket usaha hidroponik lengkap dengan panduan penggunaannya.

Sayuran hasil tanam hidroponik saat ini cukup banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan  tanaman hidroponik hemat air untuk mencuci dan aman karena tidak menggunakan pestisida.

5. Menjual Pupuk Organik

Pupuk menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat yang bercocok tanam. Ide bisnis berjualan pupuk organik ini terbilang cukup menjanjikan. Berbagai macam pupuk dapat Anda racik untuk setiap jenis tanaman yang berbeda.

Pupuk organik untuk sayuran tentunya sedikit berbeda dengan kebutuhan pupuk untuk tanaman hias. Harga jual pupuk organik terbilang cukup tinggi terutama di perkotaan. Anda dapat meraup omset hingga puluhan juta rupiah per bulan jika pandai memasarkan produk tersebut.

6. Penjualan Sayur Buah Organik

Bercocok tanam sayur dan buah organik termasuk dalam kategori bisnis pertanian yang menjanjikan dengan modal yang kecil. Hal ini karena Anda tidak memerlukan pengadaan perlengkapan pertanian khusus seperti obat hama atau pupuk buatan.

Sayur dan buah organik juga memiliki permintaan yang cukup tinggi di pasar. Harga jual buah dan sayurnya juga selalu lebih tinggi dibandingkan yang konvensional. Dengan iming-iming bebas pestisida, sayur dan buah yang dijual akan mendapatkan pelanggan yang cukup banyak

Apalagi jika menawarkan produk yang lebih segar dan murah dibanding yang dijual di pasar atau supermarket. Sistem pengiriman langsung dari rumah juga biasanya menguntungkan pelanggan karena mereka tak perlu meluangkan waktu untuk bepergian ke penjual.

7. Budidaya Tanaman Obat

Beberapa tanaman obat sudah mulai langka dan sulit dicari di pasaran. Padahal, permintaan terhadap berbagai macam tanaman obat meningkat tajam beberapa tahun terakhir.

Peluang ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa memulai bisnis tersebut dengan menjalin kerjasama pada beberapa channel yang lebih paham tentang obat-obatan herbal. Modal yang dibutuhkan tentunya tidak sebanyak jika Anda harus bercocok tanam sayuran di perkebunan.

8. Memasarkan Mesin dan Peralatan Pertanian

Bisnis jual beli mesin dan peralatan tani memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Tingginya kebutuhan akan bahan makanan pokok harus diimbangi dengan kualitas hasil pertanian yang meningkat. Anda bisa menawarkan mesin atau alat-alat pertanian yang lebih canggih kepada mereka.

Mengingat harga jualnya yang tentu tidak murah, Anda bisa menjualnya dengan sistem kredit. Namun, Anda harus membuat pembukuan yang rapi dan terkomputerisasi agar menghindari kerancuan atau salah hitung saat menerapkan sistem kredit. Alangkah baiknya jika menggunakan software keuangan yang user friendly.

Telah disebutkan di atas beberapa contoh bisnis atau usaha di bidang pertanian yang menjanjikan dan membawa keuntungan. Manakah yang cocok bagi Anda?

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments