Waspada! Berikut Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu

  • Whatsapp
Lowongan Kerja Palsu

Sesudah lulus dari kursi kuliah, beberapa fresh graduate berlomba untuk selekasnya memperoleh tugas. Di zaman tehnologi sekarang ini cari info lowongan kerja (loker) memanglah bukan hal yang susah.

Banyak beberapa pencari pekerjaan tertipu dengan lowongan kerja palsu yang tersebar di sosial media. Apa lagi untuk beberapa fresh graduate yang semangat-semangatnya dalam mencari kerja, kamu perlu waspada pada lowongan kerja yang meresahkan.

Read More

Untuk menghindar hal itu, kamu harus ketahui beberapa ciri dari lowongan pekerjaan palsu. Yok, baca ciri-cirinya berikut ini seperti diambil dari situs Career Center Institut Tehnologi Telkom Purwokerto.

Dikenakan Ongkos di Awalnya

Ingat, perusahaan yang minta ongkos pada awal untuk beberapa calon karyawan sudah tentu palsu. Umumnya, ongkos ini dikatakan sebagai persyaratan untuk ikuti test atau interviu. Saat mendapati lowongan semacam ini, seharusnya kamu jauhi dan langsung adukan ke faksi berwajib supaya modus penipuan ini bisa diselesaikan.

Tidak boleh tertarik sama bujukan yang dikatakan. Upayakan berdoa saat sebelum ataupun waktu bicara sama orang yang tawarkan tugas tetapi tidak pernah kamu kenali awalnya.

Alamat E-mail Gratis

Perusahaan sah pasti menggunakna nama e-mail sah dengan domain web mereka sendiri. Kamu perlu berprasangka buruk saat memperoleh e-mail lowongan pekerjaan yang dari e-mail gratis seperti gmail, yahoo, ymail, atau Hotmail.

Tetapi, tidak berarti e-mail gratis ini ialah e-mail gadungan ya. Namun, siapa saja dapat mendaftarkan e-mail itu. Bisa jadi orang yang mengirimmu e-mail dengan e-mail gratis ini ialah lowongan pekerjaan palsu.

Alamat Situs Web Gadungan

Perusahaan sah sudah tentu mempunyai website yang sah . Maka jika kamu memperoleh panggilan tugas dari perusahaan yang tidak memberikan alamat web sah, harus selekasnya kamu tolak dan jauhi.

Perusahaan yang akui buka lowongan kerja tetapi memakai alamat website yang nonresmi seperti dari blogspot atau wordpress, sudah tentu ini ialah lowongan pekerjaan palsu.

Tetapi, tidak berarti mereka tidak dapat memakai alamat website berbayar seperti domain.com,.co.id, dan sebagainya . Maka, pastikanlah kamu penelitian lebih dulu dan menanyakan dengan faksi yang lebih tahu mengenai perusahaan itu.

Tidak Pernah Melamar Mendadak Diundang Interviu

Kemungkinan kamu pernah merasakan ini. Tidak pernah melamar kerja ke perusahaan berkaitan tetapi mendadak ada panggilan interviu yang mewajibkanmu tiba ke alamat kantor yang disuruh.

Walau kamu sadar akan hal tersebut, tidak sedikit yang mengikuti keinginan itu. Terkecuali, kamu memang mempunyai network di LinkedIn yang jelas sudah statusnya sebagai headhunter. Headhunter ini bekerja untuk cari calon yang beprotensi meningkatkan perusahaannya.

Informasi Lowongan Ditebar Lewat Broadcast dan SMS

Saat memperoleh info lowongan pekerjaan lewat sms dan broadcast, jangan sampai tergesa-gesa yakin akan hal tersebut. Karena, ini telah mempunyai potensi besar sebagai lowongan palsu.

Perusahaan sah mempunyai web dan basis sendiri yang perannya dipakai untuk memberi info lowogan kerja yang sah.

Alamat Kantor Jauh dari Tempat Tinggal

Berhati-hati dengan perusahaan yang akui mempunyai cabang di wilayah lain selainnya yang berada di web resminya. Pertanda atau beberapa ciri lowongan palsu ialah memberi ifnormasi padamu berkaitan alamat kantor yang jauh dari tempat lokasi tinggalmu. Makin kamu jauh dari rumah, karena itu makin gampang kamu ditipu.

Bujukan Upah Besar

Kamu harus waspada dengan penipuan lowongan kerja yang berlagak upah besar dengan tingkat tugas yang biasa saja. Tidak kemungkinan seorang fresh graduate atau seorang sales memperoleh upah sejumlah Rp 15 juta /bulan.

Related posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments